top of page

Hoshino Gen - Yellow Dancer (2015)


Akhirnya kesampaian juga punya satu record dari Hoshino Gen.

Saya sudah mendengarkan dan menyukai Gen-kun sejak lama. Rasanya, dari sebelum saya getol menyukai Sakanaction. Saya langsung jatuh cinta dengan bagaimana ia memadukan acoustic-folk dengan pop. Sederhana, juga manis.

Namun, di album terbarunya kali ini, sejenak ia meninggalkan folk-nya, dan mulai merambah ke pop yang mempunyai 70’s vibe yang kuat. Lebih tepatnya, pop di era pre-disco yang upbeat, uplifting, dan mempunyai ciri khas tersendiri, dan yang paling utama, soul, R&B. Walaupun masih ada track yang masih bernuansakan folk, atau General Japanese Pop yang terkesan cliché, dan ada juga track yang jazzy, sebagian besar track bernuansakan tiga aliran tersebut. Track di album ini juga mencakup beberapa judul single Gen-kun sebelumnya yang memang sudah menunjukkan transisi dari karya-karyanya sebelumnya, yang notabene sudah lumayan jauh dari suasana folk seperti ‘SUN’, ‘Jigoku de Naze Warui’, dan ‘Crazy Crazy/Sakura no Mori’.

Secara keseluruhan, saya amat sangat menikmati album ini. Lebih fresh soalnya. Di album ini, Gen-kun lebih banyak mengeksplor musik daripada sebelumnya. Album ini juga berkonsep beda dari biasanya, seakan lebih dewasa dan lebih (ehem) seksi. Selain itu, album ini juga uplifting sekaligus chilling out. Mungkin cocok didengarkan di pertengahan sore-malam, berasa transisi, pergantian suasananya. Namun kalau album ini didengar terlalu sering, mungkin akan menjadi membosankan.

Tracklist:

1. 時よ (Toki yo) 2. Week End 3. SUN 4. ミスユー (Miss You) 5. Soul 6. 口づけ (Kuchizuke) 7. 地獄でなぜ悪い (Jigoku de Naze Warui) 8. Nerd Strut (Instrumental) 9. 桜の森 (Sakura no Mori) 10. Crazy Crazy 11. Snow Men 12. Down Town 13. 夜 (Yoru) 14. Friend Ship

Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page