top of page

(super late post) Sakanaction - Sayonara wa Emotion/ Hasu no Hana


Jangan tanya kenapa saya baru dapet single ini sekarang, yang padahal rilisnya sudah setahun lebih yang lalu :))

Tracklist:

  1. さよならはエモーション

  2. 蓮の花-single version-

  3. Ame(B)-SAKANATRIBE×ATM version-

  4. ミュージック(Cornelius Remix)

Gara-gara single kesepuluh mereka yang nggak penting itu (Goodbye/Eureka), saya jadi sempet agak khawatir sama Sakanaction kedepannya. Mungkin karena saya kecewa berat sama single kesepuluh mereka itu, pas begitu MV 'Sayonara wa Emotion' keluar, saya jadi kayak tersugesti, gara-gara secara melodi dan rhythmical, lagunya itu general alt-rock banget. Mungkin karena single ini ketukannya, drum-nya, jauh lebih upbeat dan nge-rock daripada biasanya. Saya rasa kalau ini dicover oleh ONE OK ROCK, bisa langsung cocok dan langsung jadi lagu mereka. Udah, setelah itu saya udah nggak ngedenger-denger lagi lagu itu. Sampai saya lupa gimana lagunya. Sampai akhirnya saya terima juga singlenya, saya denger, ternyata gak buruk juga. Walaupun dengan sentuhan general alt-rock, tetapi masih dikemas dengan aransemen yang apik, juga vibe yang lebih bold dengan nada mayornya. Terutama penempatan synthesizer juga baik, berhasil menciptakan suasana tersendiri yang terkesan deep, tapi bisa get along dengan beat-nya yang enerjik.

Rupanya, kalau dikutip dari interview Yamaguchi Ichiro di majalah MUSICA edisi 91, pada single kali ini, Ichiro rupanya memang ingin berniat untuk membuat lagu yang terkesan 'ikemen' (ganteng), yang biasanya berupa musik guitar-rock yang menggebu-gebu.

Sedangkan untuk track 'Hasu no Hana', setelah track 'Aldebaran' di album self-titled mereka, ini merupakan lagu kedua mereka yang groovy. Kalau 'Aldebaran' lebih ke soul, 'Hasu no Hana' ini cenderung lebih funk, ditemani dengan paduan synthesizernya yang catchy dan mendominasi lagu. Track ini juga lumayan upbeat dan vibe-nya ceria,fresh, tidak seperti Sakanaction biasanya yang agak dark, walaupun liriknya masih tetap poetic.

Ame(B)-SAKANATRIBExATM version-, 'ATM' disini maksudnya Aoki Takamasa.

Remix 'Ame(B)' ini pertama kali ditampilkan sebagai salah satu setlist mereka di tour SAKANATRIBE 2014 silam, lalu bersama Aoki Takamasa, remix ini direkam untuk menjadi salah satu track single ini. Yang buat perform di SAKANATRIBE sih, agak beda, karena nggak bareng Aoki Takamasa.

Track ini nuansanya EDM, agak dubstep, tapi bukan tipe rave music dengan beat hardcore. Mungkin bisa dikategorikan sebagai experimental trance, tetapi tidak terlalu menghentak. Durasi track ini lumayan panjang, Delapan menit 13 detik.

Untuk track terakhir, ada 'Music' yang di-re-arrange oleh Cornelius, atau Oyamada Keigo. Track ini khasnya Cornelius banget. Akustik yang dipadukan oleh bunyi-bunyi synth electronica. Bisa dikategorikan sebagai IDM yang blissful. Bahkan ada beberapa part yang di-autotune agar lebih harmonis.

Secara keseluruhan, ini merupakan single yang bagus, karena dalam titik ini, Sakanaction mulai merubah suasana dari yang agak dark, menjadi lebih fresh dan ceria.

Score: 9/10

Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page