top of page

(WARNING! AKAN BANYAK BASA BASI DISINI!) Sakanaction - Shin Takarajima (2015)

Gak bisa berhenti deg-deg-an selama ngedenger single ini. Ditambah lagi karena saya memperolehnya physically. Ya, walaupun cuma beli yang regular edition--yang itupun karena salah beli. Maklum, biasa, nitip. Ah jangan dibahas lagi, lah. Bittersweet rasanya, menyesal tapi senang sekali. Mari langsung saja.

Tracklist:

1. Shin Takarajima

2. 「Kikitakatta Dance Music, Liquid Room ni」

3. Inner World (AOKI Takamasa remix)

4. Shin Takarajima (instrumental)

Saya sempat kecewa akan Sakanaction yang belakangan terkesan 'redup' pada dua single terakhir sebelum Shin Takarajima ini ('Goodbye/Eureka' dan 'Sayonara Emotion/Hasu no Hana'). Single 'Goodbye/Eureka' justru yang bikin khawatir. Generik abis, walau 'Eureka'-nya sih, lumayan. Sedangkan 'Sayonara Emotion/Hasu no Hana' sendiri lebih lumayan, dan mereka juga mulai nge-groove lagi di 'Hasu no Hana'. Yang dimana bila sebelumnya kalian mendengar, sebut saja dua masterpiece Sakanaction, single 'Bach no Senritsu wo Yoru ni Kiita Sei Desu' atau album 'kikUUiki' lalu setelah itu mendengar dua album itu, rasanya jadi amat sangat kontras. Dan saya sempat kira kalau Sakanaction akan stuck seperti itu untuk jangka waktu yang lama. Selama itu, saya jadi selalu mendoakan Sakanaction yang lebih retro dan yang paling penting, lebih synth-ful, dan synth-nya retro-esque. Kalau bisa, agak lebih ngegroove, terus bass-nya juga, iya, bass-nya, dan satu lagi, saya mau kejutan dari mereka.

Kesannya muluk-muluk.

Tapi taunya, doa saya terkabul.

Bener-bener semuanya terkabul.

(detak jantung: 109 BPM)

Pada track 'Shin Takarajima', pemilihan synth-nya memang sangat asik sekali, oriental-type sounds yang terkesan retro. Dari intro-pun sudah mulai terdengar. Di track ini, drum-nya sangat berperan, beda dari lagu-lagu mereka sebelumnya. Lagu ini mempunyai tone yang catchy dan terkesan playful. Lebih terkesan ceria daripada Sakanaction biasanya.

Lalu, ada track 「Kikitakatta Dance Music, Liquid Room ni」. Track ini, jujur saja, dari saat masih intro saja saya udah literally fangirl scream. Vibe-nya seksi sekali, sih. Membuat bayangan Ichiro menyanyi saat rekaman lagu ini lalu tiba-tiba perform asik di Liquid Room bisa langsung tercetak jelas di benak fangirl begitu mendengar lagu ini.

(detak jantung: 120 BPM)

(*pun intended)

Track ini merupakan track yang soul-influenced. Jadi, ya, groovy, beat-nya asik, dengan bass-nya yang atraktif itu juara banget.

Vokal Ichiro juga sangat syahdu disini. Bikin celana saya basah.

Yang paling favorit disini adalah bagian verse-chorus repetitif yang dinyanyikan oleh Ichiro, Emi, dan Ami yang lalu pada chorus terakhir dinyanyikan bersama satu band. Ichiro bernyanyi dengan nada tinggi disitu.

Untuk remix Inner World, ya khas-nya Aoki Takamasa saja. Polanya hanya ambil beberapa bagian, biasanya yang paling catchy, lalu direpeat sampai dipadukan dengan bagian refrain. Aransemennya sangat simpel, cenderung bergaya drum and bass, namun di satu titik pasti terkesan sangat hebat.

MV 'Shin Takarajima' sendiri juga merupakan kejutan. Mereka mengadaptasi konsep band sekaligus grup manzai era 70-an bernama The Drift. Jadi konsepnya merupakan MV yang kaku namun menggelitik. Ada penari latar ber-pom pom-nya, lalu potongan sorotan ekspresi tak terduga para personil yang dikemas secara kaku namun jenaka seperti acara hiburan di Korea Utara. Tak akan menyangka kalau akan seperti itu, mengingat Ichiro punya sense yang sangat apik, saya kira awalnya konsep ini merupakan konsep kitsch yang cynical. Namun ternyata ini memang sangat sesuai dengan kepribadian Ichiro yang kaku, awkward, namun sebetulnya humoris bikin gemas. Mungkin konsep ini lahir karena pada saat mereka menetapkan untuk berkonsep retro,yang ada di bayangan Ichiro saat itu, saat mengingat era 70-80-an, hanya pelawak-pelawaknya. Mungkin karena memang itu sangat berkesan juga baginya. Saya turut senang juga melihat Sakanaction bisa sedikit 'mengendurkan otot' dalam MV-nya, dimana ia biasanya sangat terkesan 'jaga image' dalam artistry. Itu seakan menandakan ia sepertinya sudah bisa lebih nyaman berbaur, dan ia yakin pasti akan diterima dengan baik juga.

Sekian. Saya sangat menaruh banyak perasaan dalam single ini. Maaf bila saya terlalu banyak basa-basi dan berfangirling dalam review kali ini.

Score: 8.5/10

Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page