top of page

ESPECIA

Idol harusnya sebatas sistem dan konsep saja . Jangan akhirnya menjadi satu genre . Alangkah membosankan jika seperti itu . Biar bagaimanapun juga , itu ada di jalur industri dan bisnis musik yang walaupun, idol kini sudah menjadi kultur tersendiri.

Untung sudah mulai bermunculan banyak idol group yang inovatif macam BiS , Vanilla Beans , BABYMETAL (ini hanya sub-group , sih) , juga satu grup yang akan saya bahas ini .

Adalah ESPECIA , dari Osaka .

Mereka mengusung genre yang tidak umum , dan lumayan serius . City-pop , old-school disco , bahkan vaporwave (yang dimana biasanya hanya 'musik yang biasa berkeliaran di internet saja' , tetapi mereka menjadikannya komersil) . Dan mereka betul-betul matang di genre ini , bukan hanya gimmick saja .

Ketika mendengar mereka , saya jadi teringat akan era kejayaan musisi seperti EPO , Yamashita Tatsuro , Anri , Toshiki Kadomatsu , Takeuchi Mariya, dsb .

Album dari mereka yang saat ini menjadi favorit dan sangat direkomendasikan oleh saya adalah 'GUSTO' . Album yang fresh, uplifting, terkesan beragam walau berkonsep satu, retro. Sangat nostalgic bagi siapapun yang mendengarkannya. Walaupun secara vokal memang masih agak timpang .

Secara visual , mereka juga mengusung visual ala vaporwave yang retro . Macam screensaver Windows 98, glitchy art , VHS , dsb . Bahkan dari segi berpakaianpun.

Dan yang membuat saya makin menyukai mereka , mereka memang masih bergaya kenes dan menari ala idol lainnya saat tampil , tapi mereka selalu tampil dengan live band !

Keberadaan mereka ini , membuat saya ingin scene Shibuya-kei dan city-pop yang sudah lama pudar , kini bersinar lagi . Saya yakin itu kelak akan menjadi hal yang keren , karena keunikan musisi Jepang kian menggila seiring berjalannya waktu .

Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page