top of page

APOGEE - Out Of Blue (2014)

Sudah lama gak ngeblog . Karena memang belum menemukan band atau film yang cocok untuk diulas . Dan akhirnya ketemu juga beberapa hari lalu dengan band asal Jepang ini .

71y2u2qW15L._AA1108_.jpg

Tracklist:

1. Runaway Summer

2. Tonight

3. Losing you

4. OUT OF BLUE

5. Twilight Arrow

6. Fall Into The Sky

7. A Boy In The River

8. Fictionalizer

9. Transit

Begitu pertama kali mendengar album ini , saya jadi langsung teringat dengan Jamiroquai , Daft Punk , Pet Shop Boys , dan sedikit sentuhan Bibio digabung menjadi satu . Grup ini memang sangat ecletic , karena vokalisnya sendiri memiliki karakter vokal soul lembut , yang memang agak sedikit berlawanan dengan genre yang diusung .

Track pertama (Runaway Summer) sangat menonjolkan suasana dance retro mereka , dengan permainan synth yang mendominasi dan terkesan lawas . Aransemennya juga groovy .

Lalu ada track kedua (Tonight) . Aransemennya masih bersuasana lawas dengan synth-nya . Dan disini suasana musik disco lawas yang lebih menonjol . Tapi masih tetap groovy . Mengingatkan saya akan musik vaporwave .

Begitu memasuki track kedua (Losing You) , mereka mulai meninggalkan funk dan lounge tersebut , dan sisi rock mereka sedikit lebih menonjol , walaupun kesan retro masih terasa karena permainan synth-nya . Track keempat mulai downtempo , dan kesan retro makin kental disini karena mereka mengusung musik disco lawas di track ini . Di track kelima (Twilight Arrow) ini , mereka mulai meninggikan lagi beat mereka . Track ini juga masih mempunyai suasana retro dance yang kuat , dan aransemen catchy . Saya suka perpaduan antara permainan bass , drum dengan synth yang atraktif disini .

Track selanjutnya kembali downtempo , track keenam (Fall Into The Sky) . Mereka mulai meninggalkan kesan retro catchy mereka . Track ini lebih condong ke trip-hop atau IDM .

Track ketujuh (A Boy in The River) , juga masih kalem . Namun disini mereka mengeluarkan lagi suasana retro mereka dengan permainan synthesizer mereka yang jadi dominan di track ini . Track ini bahkan bisa dikatakan agak sedikit chiptune-esque .

Kembali upbeat , memasuki track kedelapan (Fictionalizer) . Mereka mulai mengusung musik dance retro lagi disini . Namun di track ini , permainan synthesizer tidak terlalu mendominasi seperti biasanya . Bass dan drum masih lebih jelas terdengar .

Memasuki track terakhir , track kesembilan (Transit) . Mereka kembali downtempo , dan mengusung IDM , ambient . Track ini menutup album ini dengan indah dan kalem .

Saya dari dulu emang udah cari-cari band seperti ini . Dan seakan hidup saya komplit sudah mengetahui keberadaan mereka-mereka ini . Karena memang mereka membawakan gabungan dari genre-genre favorit saya , dimana memang saya selalu punya soft-spot di musik-musik seperti itu . Dan saya sangat berharap ada banyak lagi band seperti ini . Coba tonton ini untuk preview .

Score: 9 / 10

Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page