top of page

Sakanaction - sakanaction (2013)


It's all about the whole new Sakanaction .

"Otona ni narimashita," atau 'sudah menjadi dewasa' , adalah kalimat yang pas diucapkan setelah mendengar habis album ini . Sakanaction seakan lebih terarah di album ini .

Tracklist :

1."intro"

2."Inori" (Prayer)

3."Music" (ミュージック)

4."Yoru no Odoriko" (夜の踊り子; The Dancer of the Night)

5."Nantettatte Haru" (なんてったって春; After All, It's Spring)

6."Aldebaran" (アルデバラン)

7."M"

8."Aoi" (Blue)

9."Boil" (ボイル)

10."Eiga" (映画; "Movie")

11."Boku to Hana" (僕と花; The Flower and I)

12."mellow"

13."Structure" (ストラクチャー)

14."Asa no Uta" (朝の歌; "Song of Morning")

'INORI' merupakan track electronica semi-instrumental dengan choir , lalu disusul single 'Music' yang juga turut ada di album ini . 'Music' ini merupakan lagu yang terkesan megah secara melodis . Permainan bassnya sangat memukau disini , dan lagu ini terkenal dengan live performance mereka yang sangat epic . Di awal-awal lagu , mereka bisa dibilang meniru gaya trademark grup electronica asal Jerman 'Kraftwerk' , berdiri berjejer didepan laptop .

'Yoru no Odoriko' merupakan single favorit saya yang kesekian , turut hadir di album ini . Mix dari folk-rock ala Jepang , dengan synth , permainan bass yang apik . 'Nantettatte Haru' adalah track yang paling saya suka di album ini . Saya jadi teringat dengan karya-karya Kraftwerk , tapi diberi vokal . Suasananya retro-synth sekali , sampai akhir-akhirnya dipadu dengan musik ala band , hingga menjadi new wave .

'Aldebaran' merupakan track yang funk-fusion-esque . Track ini seperti ace dari album ini , yang seakan menunjukan perubahan Sakanaction dimulai dari track ini . Mungkin memang karena genre ini memang pertama kalinya dibawakan untuk konsumsi umum oleh Sakanaction . Lagi-lagi , permainan bass disinipun bagus . 'M' ini track yang lebih upbeat dibanding track-track sebelumnya . Track ini diberi sentuhan bunyi sitar , dan liriknya juga seakan menceritakan sesuatu . Entah kenapa , saya suka dengan vokal Ichiro disini .

Lalu ada track yang kini menjadi lagu Sakanaction yang paling terkenal , 'Aoi' . General Japanese new wave , lah . Tapi permainan musik masing-masing di track ini rapi , dan sejalan .

'Boil' juga seperti track 'Music' yang di-sederhanakan . Minimalis , tetapi megah , dan kali ini synth-nya dominan , dengan drum .

Track 'Eiga' ini mengingatkan saya terhadap musik-musik di scene indie Jepang macam musik ambient dan musik dream pop . Track ini merupakan coupling track dari single 'Music' .

'Boku to Hana' juga single , dan ini merupakan single Sakanaction yang paling easy-listening dan ringan , menurut saya . Dengan irama pop , aransemen yang sederhana , dengan permainan synth yang seadanya .

'mellow' juga mengingatkan saya terhadap musik dream pop . Track minimalis , kalem , dan dominan ke synth yang memberi kesan dalam , tetapi tidak ngejelimet . Memang sesuai dengan judulnya .

'Structure' , track interlude semi-instrumental , dengan memadukan permainan gitar yang mengingatkan saya dengan kecapi , dan synth dengan karakter intelligence dance music .

'Asa no Uta' . Track yang agak folk yang agak effortless dan easy-listening ini memang cocok menjadi penutup dari album ini , yang ecletic . Sudah dibawa kemana-mana , lalu santai dengan lagu ini .

Album ini memang gebrakan besar bagi Sakanaction . Selain perubahan besar terhadap musik , dan juga prestasi . Album ini sukses memuncaki peringkat pertama di Oricon Chart , lalu banyaknya juga lagu-lagu yang ada di album ini yang dijadikan theme song untuk berbagai hal . Mulai dari iklan , hingga untuk penyiaran permainan sepak bola di channel NHK .

Dibandingkan dengan Sakanaction biasanya yang menggebu-gebu , yang rock-nya lebih menonjol , mungkin karena merekapun sudah mulai berumur , akhirnya mereka lebih kalem . Dan justru , perubahan ini malah menjadi lebih baik , dan lebih berkarakter bagi karya-karyanya .

Yappa , otona ni narimashita .

Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page