top of page

Gesu no Kiwami Otome - Odorenai nara, Gesu ni Natte Shimaeyo (2013)

Agak telat , memang . Baru-baru ini saya mengetahui kalau Kawatani Enon (voc. Indigo la End) mempunyai side project yaitu band bernama 'Gesu no Kiwami Otome' . Oke, Nama band-nya sendiri agak unik , artinya secara harafiah adalah 'Perempuan di tingkat ekstrim kevulgarannya' .

Begitu saya mendengar album-album band ini , tanggapan saya langsung : "Mas Enon , itu Indigo la End bubarin aja , mas . Bubarin !" :)))

Iya , Enon sendiri lebih cocok di band yang playful , chaotic , dan upbeat seperti ini . Jadi lucu jika dibandingkan Enon sebagai vokalis Indigo la End , yang lebih kalem dan agak mellow .

Tracklist:

1. キラーボール (Killer Ball) 2. 餅ガール (Mochi Girl)

3. ゲスな三角関係 (Gesu no Sankaku Kankei)

4. スレッドダンス (Thread Dance) 5. いこかなでしこ (Ikoka Nadeshiko) (Interlude) 6. jajaumasan (Interlude) 7. ハツミ (Hatsumi) 8. ホワイトワルツ (White Waltz)

Jadi, mereka ini menyebut genre mereka sendiri merupakan 'hip-hop/progressive' .

Oke , vokal Enon disini memang fast-paced , agak seperti ngerap , tetapi rap itu gaya vokal , dan hip-hop itu jenis musiknya . Musik yang biasa mengiringi vokal rap . Gak usah dijelasin lah , ya hip-hop itu musik kayak apa . Saya rasa bapak-bapak tambun dari Pos Jaga di Tumblr juga tau hip-hop itu kayak apaan . Nah , saya , bahkan kalian , pasti gak akan menemukan hip-hop sama sekali dalam mereka . Mungkin yang dimaksud Enon disini karena karakter vokalnya yang fast-paced menyerupai rap , yang itu juga dia gak konsisten membawakannya . Acapkali dia juga bernyanyi biasa di reff-nya , atau bahkan untuk satu lagi . Lalu , 'progressive' ? Saya memang gak terlalu mengerti musik prog ini , tapi entah kenapa insting saya bilang mereka ini sudah lumayan jauh melenceng dari progressive , karena , gimana , ya . Saya gak nemuin mereka melakukan teknik improvisasi . Ya walaupun , okelah , pianonya sudah jazzy , dan ketukannya juga cepat dan melompat-lompat . Nah , penjelasan saya tadi sudah sempurna untuk menggambarkan seperti apa track 'Killer Ball' . Lalu track 'Mochi Girl' merupakan track power-pop dimana alunan piano-nya diganti dengan synthesizer . Untuk 'Gesu no Sankaku Kankei' , 'Thread Dance' , 'Hatsumi' , 'White Waltz' , merupakan track yang terdengar lebih poppish dari sebelum-sebelumnya . Walaupun untuk alunan piano masih jazzy dan ketukannya sangat melompat-lompat (apalagi di bridge kedua track 'Gesu no Sankaku no Kankei') , tetapi alunannya masih lebih easy-listening .

Album ini sungguh tidak mengecewakan . Mereka keren sekali , dan sukses membuat saya ilfil dengan Indigo la End !

Score : 8.0/10

Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page